Senin, 04 Februari 2013

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA | Menyunting Penggunaan Kata

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA | Menyunting Penggunaan Kata

Cermatilah paragraf berikut!
Jasa-jasa ekologi yang terdapat di Kawasan Ekosistem Leuser mencakup penyediaan air bersih, pengendalian erosi sehingga banjir, pengaturan iklim lokal, penyerapan karbon, perikanan air tawar, bahwa keindahan alam pendukung industri pariwisata. Jasa-jasa ini hanya dapat tersedia maupun Kawasan Ekosistem Leuser dijaga dan dipelihara fungsinya sebagai suatu kesatuan interaksi yang utuh.

Kata penghubung yang tepat untuk memperbaiki kata penghubung yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. atau, tetapi, sebab
B. yaitu, bahkan, bahwa
C. serta, yakni, dan
D. dan, serta, jika
E. karena, misalnya, apabila

PEMBAHASAN
Kata penghubung (konjungsi) adalah kata yang berfungsi menghubungkan dua kata, klausa, kalimat, atau dua paragraf. Contoh kata penghubung atau, tetapi, sebab, sehingga, bahwa, maupun, jika.Kata-kata penghubung memiliki peran atau fungsi penerapan yang berbeda-beda. Misalnya, kata atau menghubungkan dua kata yang bersifat pemilihan, kata serta untuk menyatakan penjumlahan, dan jika untuk menyatakan hubungan syarat.
Cara cepat
Berikut perbaikan atas ketidaktepatan penggunaan kata penghubung di dalam paragraf tersebut.

Penggunaan kata-kata itu harus memerhatikan hubungan antarkata/klausa pada kalimatnya. Misalnya, kata-kata yang menyatakan hubungan penjumlahan, kita perlu menggunakan kata dan, serta; hubungan kata yang menyatakan syarat, kita menggunakan kata jika.
Share this post

0 komentar :

Posting Komentar