Senin, 18 Februari 2013

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Mengidentifikasi Isi Teks Biografi / Iklan

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Mengidentifikasi Isi Teks Biografi / Iklan

Contoh Soal dan Pembahasannya
Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal
Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di Belitung, 24 Oktober 1982, Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan N.A. Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di Belitung. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan keperihatinan.
Andrea tumbuh seperti halnya anak-anak kampung lainnya. Dengan segala keterbatasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian dan mimpi-mimpi masa depannya. Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh, meski begitu, ia tetap semangat belajar. Sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ...
A. Motivasi belajarnya tinggi meskipun minim sarana
B. Andrea pernah bersekolah di SD Muhammadiyah.
C. Andrea dilahirkan di desa miskin dan terpelosok.
D. Andrea anak Seman Said Harunayah dan N.A .Masturah.

Pembahasan
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Andrea tetap termotivasi belajarnya meskipun sarananya minim.

Download Prediksi Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs 2013
Share this post

0 komentar :

Posting Komentar