Senin, 18 Februari 2013

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Mengidentifikasi Perbedaan Karakteristik Dua Novel

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Mengidentifikasi  Perbedaan Karakteristik  Dua Novel

Contoh Soal dan pembahasannya
Perhatikan kedua kutipan novel berikut!
Kutipan Novel I
... Oto berhenti di muka rumah. Suparta turun, lalu membuka pintu di tempat duduk Ratna dan membimbing tangan istrinya serta menurunkan dia dengan perkataan, “Selamat datang ke pondok kita, Nana! Ratna amat tercengang melihat papan yang dilekatkan di depan rumah, di bawah atapnya, yang berukir perkataan “RATNA”. ...

Kutipan Novel II
...”Tentu, telah saya sering saya mimikirkannya itu. Ada hati saya tertarik ke sana. Tetapi agaknya tertarik itu terutama disebabkan keinginan hendak tahu sesuatu yang belum diketahui. Kalau sudah tahu...takut saya kalau-kalau saya ingin pulang kembali ke pulau Jawa ini. Tetapi janganlah engkau susahkan benar, di mana engkau merasa senang, saya akan merasa senang di sisimu.” ...

Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah ....
No Kutipan Novel I Kutipan Novel II
A. Tokohnya ada empat orang Tokohnya ada empat orang
B. Amanatnya jelas Amanatnya tidak ada
C. Latar tempatnya tidak jelas Latar tempatnya jelas
D. Sudut pandang orang ketiga Sudut pandang orang pertama



Pembahasan
Sudut pandang orang ketiga menggunakan kata ganti nama orang, “Suparta turun, lalu....”. Sedangkan lainnya (sudut pandang orang pertama), menggunakan kata ganti aku atau saya.

Download Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2013
Share this post

0 komentar :

Posting Komentar