Senin, 18 Februari 2013

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Menulis Catatan Pengalaman pada Buku Harian

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Menulis Catatan Pengalaman pada Buku Harian

Contoh Soal dan Pembahasannya
Perhatikan ilustrasi berikut!
Kaela sakit demam dan sudah dua hari tidak masuk sekolah. Semua itu karena saat pulang sekolah, ia tidak langsung pulang tetapi bermain air hujan. Sesampai di rumah badannya basah kuyup. Pagi harinya badannya demam dan tidak masuk sekolah. Ia menyesal tidak mendengar nasihat ibunya.

Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
  1. Sudah dua hari badanku demam. Aku pun tidak masuk sekolah. Andai aku tidak bermain hujan, pasti aku tidak sakit seperti ini. Maafkan aku Ibu, karena aku tidak menuruti nasihatmu.
  2. Kaela merasa menyesal tidak menuruti nasihat ibunya. Setelah pulang sekolah kemarin, ia tidak langsung pulang tapi bermain air hujan. Sampai di rumah badannya basah kuyup.
  3. Ibu maafkan Kaela. Kaela yang tidak menurut nasihat Ibu. Akhirnya, Kaela harus menanggung akibatnya. Ibu, Kaela berjanji akan selalu menuruti nasihat Ibu. Kaela tidak akan mengecewakanmu.
  4. Sudah dua hari badannya demam. Dia pun tidak masuk sekolah. Andai ia tidak bermain hujan, pasti tidak sakit seperti ini. Ia pun bersujud memina maaf kepada ibunya. Ia berjanji tiak akan mengulanginya.

Pembahasan
Ciri dalam catatan harian menggunakan kata ganti ‘aku’, menggambarkan situasi yang sebenarnya, dan menggunakan kalimat ekspresif.

Download Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia 2013
Share this post

0 komentar :

Posting Komentar