Selasa, 05 Februari 2013

SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA | Menentukan Isi Biografi




SOAL UN BAHASA INDONESIA SMA | Menentukan Isi Biografi

Contoh Soal dan Pembahasannaya


Bacalah Paragraf berikut
Pria kelahiran Medan, 26 Juli 1922, ini seorang penyair legendaris Indonesia yang karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman. Salah satu bukti keabadian karyanya, pada Jumat 8 Juni 2007, Chairil Anwar, yang meninggal di Jakarta, 28 April 1949, masih dianugerahi penghargaan Dewan Kesenian Bekasi (DKB) Award 2007 untuk kategori seniman sastra.
Chairil Anwal memang penyair besar yang menginspirasi dan mengapresiasi upaya manusia meraih kemerdekaan, termasuk perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajahan. Hal ini, antara lain tercermin dari sajaknya bertajuk: Krawang-Bekasi, yang disadurnya dari sajak The Young Dead Soldiers, karya Archibald MacLeish(1948).
Dia juga menulis sajak Persetujuan dengan Bung Karno, yang merefleksikan dukungannya pada Bung Karno untuk terus mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945.

Sajaknya yang berjudul Aku dan Diponegoro banyak diapresiasi orang sebagai sajak perjuangan. Kata Aku binatang jalang dalam sajak Aku, diapresiasi sebagai dorongan kata hati rakyat Indonesia untuk bebas merdeka.
Hal yang menarik pada diri tokoh Chairil Anwar adalah ...
A. Karya-karyanya digemari masyarakat sepanjang zaman.
B. Mendapat penghargaan meski Chairil sudah lama meninggal.
C. Karyanya menginspirasi rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan.
D. Menulis sajak untuk merefleksikan dukungannya pada Presiden RI.
E. Banyak menyadur dan menerjemahkan karya-karya bahasa asing.

PEMBAHASAN
Biografi adalah buku yang mengisahkan kehidupan seseorang. Kisah orang itu dibukukan karena ia memiliki daya tarik atau keistimewaan-keistimewaan, misalnya dalam hal pemikiran, karyanya, kepemimpinannya, dan yang lainnya.

Cara cepat
Cuplikan biografi tersebut berkisah tentang Chairil Anwar, seorang penyair. Ia merupakan sosok tokoh yang memiliki keistimewaan dalam hal karya-karyanya hidup dalam batin (digemari) sepanjang zaman.
Jawaban: A
 
Download Prediksi Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA 2013
Share this post

0 komentar :

Posting Komentar