NO. | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1 | MembacaMembaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak. | Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
|
Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur. | ||
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat. | ||
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya. | ||
Disajikan teks drama, siswa dapat:
| ||
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya. | ||
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya. | ||
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat: | ||
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan. | ||
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan. | ||
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya. | ||
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya | ||
Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat:
| ||
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya. | ||
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
| ||
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya. | ||
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
| ||
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
| ||
2 | MenulisMengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun | Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut. |
| ||
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat. | ||
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan. | ||
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat. | ||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan. | ||
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
| ||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju. | ||
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah. | ||
Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. | ||
Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar. | ||
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat. |
Download Kisi-kisi Ujian Nasional SD/MI 2012-2013
0 komentar :
Posting Komentar