Senin, 28 Januari 2013

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI MATEMATIKA 2013

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI MATEMATIKA 2013

NO. KOMPETENSI INDIKATOR
1. Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan cacah
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran
bilangan bulat
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian
dan pembagian berbagai bentuk pecahan
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan skala atau perbandingan
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan
dari besar ke kecil atau sebaliknya
Memahami dan menggunakan
faktor dan kelipatan dalam
pemecahan masalah
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua
bilangan dalam bentuk faktorisasinya
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah
bilangan dua-angka
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan KPK
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan FPB
Memahami konsep dan operasi
hitung bilangan berpangkat dan
penarikan akar pangkat 2 atau 3
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung
penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat
tiga dari suatu bilangan pangkat tiga
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penarikan akar pangkat tiga
2 Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, panjang, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan
pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang
disajikan dalam soal cerita sederhana.
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan
dengan satuan debit atau satuan volume.
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas.
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang
berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu.
3 Memahami konsep, sifat dan unsurunsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari
beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau
sebaliknya.
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar
suatu bangun datar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada
bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau
rusuk).
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama
dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan.
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun
ruang.
Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang
ditentukan siswa dapat menghitung luasnya.
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari
dua bangun datar sederhana.
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal
setengah lingkaran).
Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan volume kubus atau balok.
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari
suatu gambar yang ukurannya diketahui.
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu
gambar tabung yang ukurannya diketahui.
4 Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa
dapat menentukan koordinat salah satu titik.
5 Mamahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar
diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah
selisih).
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram
lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar
sudut tertentu).
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang
disajikan dalam bentuk tabel.
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang
disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan
data (rentang banyak data 6 – 10 data).
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data
berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data).
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data
berbentuk diagram batang.
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan
data tunggal yang disajikan.
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang
disajikan dalam bentuk soal cerita.
Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan
terendah dari data yang disajikan.
Share this post

0 komentar :

Posting Komentar